Vietnam catat kematian pertama akibat Covid-19

Vietnam hanya mencatat 546 kasus infeksi sejak pandemi merebak secara global.

Warga bersantai di pinggir Westlake setelah pemerintah melonggarkan lockdown di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (28/4) di tengah pandemi Covid-19. Foto REUTERS/Kham.

Vietnam pada Jumat (31/7) telah mencatat fatalitas pertama akibat coronavirus jenis baru. Korban meninggal merupakan pria berusia 70 tahun dari Kota Hoi An.

Sementara itu, kematian kedua yang dilaporkan pada Jumat sore, diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 61 tahun. Menurut media lokal, kedua pasien Covid-19 yang meninggal memiliki penyakit mendasar.

Vietnam, negara berpopulasi sektiar 95 juta, hanya mencatat 546 kasus infeksi sejak pandemi merebak secara global.

Tidak seperti banyak negara lain, pemerintah Vietnam bertindak cepat dengan menutup perbatasannya lebih awal bagi semua pelancong, kecuali bagi warga mereka yang hendak pulang. Siapa pun yang memasuki Vietnam wajib menjalani karantina di fasilitas pemerintah selama 14 hari dan rutin mengikuti uji Covid-19.

Untuk beberapa saat, pendekatan pemerintah dinilai sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus. Hal tersebut terbukti dari tidak adanya transmisi lokal baru sejak pertengahan April.