Vietnam isolasi 10.000 orang akibat coronavirus

Langkah isolasi diambil setelah enam kasus coronavirus jenis baru ditemukan di wilayah Son Loi, Provinsi Vinh Phuc.

Warga Vietnam yang dipulangkan dari Kota Wuhan, China, tiba di Bandara Internasional Van Don, Vietnam, Senin (10/2). ANTARA FOTO/REUTERS

Sejumlah desa dengan total 10.000 penduduk di wilayah Son Loi, Provinsi Vinh Phuc, Vietnam, yang dekat dengan Ibu Kota Hanoi diisolasi mulai Kamis (13/2). Langkah ini diambil setelah enam kasus coronavirus jenis baru ditemukan di daerah tersebut.

Isolasi Son Loi yang berjarak sekitar 40 km dari Hanoi merupakan upaya isolasi massal pertama di luar China sejak coronavirus pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, pada akhir 2019.

"Pada 13 Februari, kami akan mengisolasi daerah yang terdampak epidemi di Son Loi," jelas pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam seraya menambahkan bahwa isolasi akan berjalan selama 20 hari.

Son Loi merupakan daerah pertanian yang terdiri dari sejumlah desa. Kemenkes Vietnam sebelumnya mengatakan bahwa lima orang di Son Loi telah terinfeksi coronavirus. Kemudian pada Kamis, otoritas setempat melaporkan kasus keenam.

Menurut AFP, sejak Kamis, otoritas telah mendirikan sejumlah pos pemeriksaan di beberapa wilayah. Para pejabat kesehatan yang mengenakan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan pada kendaraan yang melewati pos-pos tersebut.