Vietnam kembangkan vaksin Covid-19 buatan lokal

Meskipun Vietnam berhasil mengatasi Covid-19, pemerintah bersiap menghadapi kemungkinan gelombang baru.

Warga bersantai di pinggir Westlake setelah pemerintah melonggarkan lockdown di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (28/4) di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Kham.

Otoritas Vietnam telah memberi tahu Nanogen Pharmaceutical Biotechnology untuk melanjutkan uji klinis kandidat vaksin Covid-19. Hal ini, memberikan kesempatan pada upaya perusahaan yang berbasis di Ho Chi Minh City tersebut untuk meluncurkan vaksin buatan lokal pada 2021.

Negara berpenduduk hampir 100 juta itu memprioritaskan produksi vaksin dalam negeri sebagai cara untuk memastikan agar mereka memiliki dosis yang cukup bagi populasinya.

Sementara itu, peluang ekspor vaksin dinilai sebagai rencana sekunder. Persetujuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Vietnam dirilis pada Kamis (10/12).

Para ahli mengatakan, orang Asia masih harus menunggu hingga berbulan-bulan lagi untuk menerima inokulasi karena vaksin Covid-19 milik sejumlah perusahaan Barat seperti Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna diperkirakan akan menghadapi hambatan pada produksi awal.

Distribusi global juga dinilai sebagai salah satu tantangan yang besar. Menurut pernyataan kemenkes, jika uji coba menunjukkan hasil yang baik, maka Nanogen berencana untuk memberikan Nanocovax kepada masyarakat umum segera pada paruh kedua 2021.