Vietnam tetapkan target baru vaksinasi Covid-19

Target baru datang setelah sebelumnya pemerintah menyatakan bertujuan untuk memvaksinasi 70-75% warga pada akhir 2021 atau awal 2022.

Seorang wanita memakai masker saat berjalan di sebuah desa di Provinsi Vinh Phuc, Vietnam, Rabu (12/2). Foto Antara/REUTERS/Kham.

Vietnam bertujuan untuk memvaksinasi 50% orang berusia 18 tahun atau lebih pada akhir tahun ini dan 70% pada akhir Maret 2020.

Pernyataan tersebut dilontarkan Kementerian Kesehatan Vietnam pada Jumat (9/7) di saat negara tersebut memperketat pembatasan sosial akibat Covid-19. 

Setelah berhasil menahan penyebaran virus untuk sebagian besar pandemik, Vietnam sejak akhir April menghadapi gelombang Covid-19 yang telah mendorong seruan kepada pemerintah untuk mempercepat program vaksinasinya.

"Vaksinasi terhadap Covid-19 adalah tindakan yang perlu dan penting untuk menahan penyakit dan memastikan pembangunan sosial-ekonomi," kata kemenkes dalam sebuah pernyataan.

Target terbaru pemerintah datang setelah sebelumnya mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk memvaksinasi 70% hingga 75% dari 98 juta penduduk negara itu pada akhir 2021 atau awal tahun depan.