Wakil PM Thailand: ASEAN jangan mau dipaksa memilih satu pihak

Parnpree menyoroti pentingnya kekuatan dan persatuan di antara 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

PM Thailand: ASEAN jangan mau dipaksa memilih satu pihak. Foto: SCMP

Asia Tenggara harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam persaingan geopolitik yang dapat menyebabkan fragmentasi regional. Hal itu diungkapkan Wakil Perdana Menteri Thailand Parnpree Bahiddha-Nukara, Senin (9/10).

“Pada saat kita membutuhkan lebih banyak kerja sama global, dunia menjadi lebih terfragmentasi dan saling mendukung, memisahkan diri, dan persaingan geopolitik menjadi hal yang biasa,” kata Parnpree dalam pidato utamanya di KTT Hong Kong-Asean 2023 di Post.

“Persaingan negara-negara besar harus diubah menjadi persaingan strategis berbasis aturan yang tidak memaksa negara-negara di kawasan untuk memilih pihak, atau mengabaikan peluang ekonomi karena pertimbangan geopolitik.”

Konfrontasi di dunia semakin terbuka setelah Rusia berperang dengan Ukraina, dan yang terbaru eskalasi yang memanas antara Hamas dan Israel.

Dalam menghadapi ketegangan yang meningkat itu, Parnpree menyoroti pentingnya kekuatan dan persatuan di antara 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dalam “menjaga perdamaian dan stabilitas regional”.