Warga Australia positif coronavirus sempat transit di Bali

Angka kematian global akibat wabah coronavirus jenis baru telah melampaui 3.000.

Ambulans yang akan memindahkan pasien terinfeksi coronavirus di Daegu, Korea Selatan, Minggu (1/3). ANTARA FOTO/Yonhap via REUTERS

Pada Senin (2/3), Departemen Kesehatan Negara Bagian Victoria mengonfirmasi bahwa kasus teranyar infeksi coronavirus jenis baru di wilayah itu adalah seorang wanita berusia sekitar 30 tahun yang mengalami gejala selama penerbangan sebelum mendarat di Melbourne pada Jumat (28/2).

Menteri Kesehatan Victoria menjelaskan bahwa wanita itu kembali dari Teheran melalui Kuala Lumpur dan Bali sebelum tiba di Australia dengan penerbangan Malindo Air OD177 pada Jumat. Wanita tersebut sudah mengalami gejala coronavirus sejak Kamis (27/2). 

Otoritas kesehatan Victoria menyatakan akan menelurusi jejak kontaknya untuk memastikan tidak ada penularan di pesawat yang ditumpangi wanita itu.

Menurut keterangan tertulis otoritas kesehatan Victoria, setelah tiba di Melbourne, wanita itu mengendarai mobil pribadi langsung pulang ke rumah. Dia diyakini tidak melakukan kontak dengan orang lain.

Dia kemudian segera diisolasi pada Sabtu (29/2). Setelah melewati serangkaian tes, dia dipastikan positif coronavirus pada Minggu (1/3).