WNI dilarang kunjungi Israel, RI tak gentar bela Palestina

Pemerintah Indonesia menegaskan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan tetap membela Palestina mencapai kemerdekaan.

Suasana Peringatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (1/6). Kementerian Luar Negeri

Pemerintah Indonesia menegaskan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan tetap membela Palestina mencapai kemerdekaan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan tidak adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel, meskipun negara Yahudi itu melarang Warga Negara Indonesia (WNI) menginjakkan kaki di Yerusalem.

"Kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Yang kedua, Indonesia akan terus bersama Palestina dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak mereka. Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas," ujarnya di kantor Kemenlu, Jakarta, dilansir Antara, Jumat (1/6).

Retno menepis isu negosiasi rahasia yang membahas hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel. Menlu menegaskan, Indonesia tidak pernah memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjelaskan adanya penolakan visa 53 warga negara Israel yang ingin masuk ke Indonesia.