Dunia / Kekerasan Israel

Indonesia kecam keras tindakan tentara Israel di Palestina

Indonesia mengecam keras aksi kekerasan dan penembakan yang dilakukan tentara Israel terhadap warga sipil Palestina.

Indonesia kecam keras tindakan tentara Israel di Palestina Israel telah melakukan pembunuhan massal atau genosida dengan menembaki warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza saat melakukan protes sehingga mengakibatkan 55 orang tewas dan melukai ribuan lainnya. / Reuters

Indonesia mengecam keras aksi kekerasan dan penembakan yang dilakukan tentara Israel terhadap warga sipil Palestina.

Pernyataan pemerintah Indonesia tersebut disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang dikutip Antara, Selasa (15/5).

Pemerintah dan bangsa Indonesia sangat terluka dan menyampaikan duka mendalam atas jatuhnya korban sipil termasuk anak-anak Palestina yang sedang berdemo di perbatasan antara Gaza-Israel.

Indonesia meminta Dewan Keamanan PBB segera bersidang untuk mengambil langkah dan melakukan investigasi internasional secara independen, agar semua pelaku bertanggung jawab atas tindakan kekerasan terhadap warga Palestina tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) DPR RI, Rofi Munawar, menyatakan Israel telah melakukan pembunuhan massal atau genosida dengan menembaki warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza saat melakukan protes sehingga mengakibatkan 55 orang tewas dan melukai ribuan lainnya sebagai genosida.

"Ironisnya ini terjadi bersamaan dengan pembukaan Kedutaan AS di Yerusalem. Israel menembaki warga palestina dengan brutal dan membabibuta ke segala arah. Bukti bahwa negara tersebut telah sengaja melakukan tindakan genosida dan pembunuhan terencana," kata Rofi kepada media di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat (AS) harus bertanggung jawab atas seluruh peristiwa tersebut.


Berita Terkait