10 tips latihan sederhana untuk penderita diabetes

Aktivitas fisik dapat membantu mengendalikan glukosa darah dengan mengurangi kejadian komplikasi diabetes.

Ilustrasi olahraga teratur untuk hindari diabetes. Pixabay

Bagi para penderita diabetes, olahraga menjadi salah satu komponen penting untuk pengelolaan diabetes dengan terapi melalui gaya hidup. Aktivitas fisik dapat membantu mengendalikan glukosa darah dengan mengurangi kejadian komplikasi diabetes, seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kolestrol, dan risiko penyakit jantung. 

Menurut American Diabetes Asscociation (ADA), penderita diabetes harus melakukan hal tersebut sekitar 150 menit untuk latian aerobik ditambah dengan dua-tiga sesi latian ketahanan dalam seminggu. Olaharaga tidak berarti harus mengunjungi gym, karena juga dapat merencanakan bentuk pelatihan fisik lainnya sesuai dengan mempertimbangkan rutinitas dan kenyamanan. Berikut terdapat beberapa tips olahraga sederhana untuk para penderita diabetes:

1. Bicaralah dengan dokter 

Membuat rencana olahraga yang baik adalah langkah terpenting sebelum memulai rutinitas olahraga. Konsultasikan dengan dokter dan pastikan fit untuk berolahraga. Ini juga akan membantu untuk memutuskan jenis latihan apa yang sesuai dengan kebugaran dan akan membantu mencoba bentuk baru juga.

2. Mulailah dengan perlahan