5 kesalahan cara mengatur keuangan yang bikin Anda belum bisa beli rumah sendiri!

Tidak sedikit orang kesulitan untuk mengumpulkan uang, lantaran belum mengetahui cara mengatur keuangan yang baik.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Mempunyai rumah sendiri adalah salah satu tolak ukur utama kemandirian seseorang, terutama yang berencana untuk menikah dan berkeluarga. Namun, tidak sedikit orang kesulitan untuk mengumpulkan uang, lantaran belum mengetahui cara mengatur keuangan yang baik.

Sebagian besar pemasukan malah dihabiskan untuk keperluan sehari-hari dan hanya sedikit yang disisihkan untuk ditabung. Selain sebagai bentuk kemapanan individu dalam cara mengatur keuangan, memiliki properti berupa rumah adalah aset yang nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Memiliki rumah juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman, baik untuk saat ini, maupun di masa depan.

Maka dari itu, yuk intip tujuh kesalahan dalam cara mengatur keuangan, yang bikin orang orang susah menabung untuk membeli rumah!

1. Belum ada target jumlah tabungan

Dengan adanya target jumlah tabungan yang harus dicapai dalam waktu tertentu, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung dan memiliki cara mengatur keuangan yang lebih baik. Target bisa Anda ukur dari besarnya gaji bulanan, berapa persen gaji yang bisa disisihkan untuk ditabung, dan kapan rencana akan membeli rumah. Cara mengatur keuangan juga bergantung pada keputusan apakah rumah akan dibeli secara cicilan atau sekaligus. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan bunga dan inflasi. Setelah target sudah ditentukan, bisa coba menjelajah internet untuk cek jenis rumah saja yang bisa dibeli sesuai dengan anggaran Anda, salah satunya di Dekoruma Properti!