5 kesalahan penggunaan obat kumur yang harus dihindari

Obat kumur biasanya kita gunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Ilustrasi. GettyImages

Obat kumur (mouthwash) menjadi salah satu produk yang kita gunakan sehari-hari untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Apalagi peran obat kumur dapat membantu mencegah gigi berlubang, menghilangkan bakteri, dan meredakan gejala mulut kering. Namun, ternyata masih banyak yang tidak menggunakan obat kumur dengan benar.

Melansir Livestrong, dokter gigi Jeffrey Sulitzer membahas mengenai lima kesalahan penggunaan obat kumur umum yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan kebersihan mulut.

Gunakan setelah sikat gigi
Jika Anda berkumur dengan obat kumur beberapa detik setelah menyikat, sama saja dengan menyia-nyiakan fluoride yang ada di pasta gigi. Mengapa? Karena dengan berkumur, Anda berisiko membuat fluoride pada pasta gigi.

Fluoride yang menyerap ke dalam email gigi dapat memperkuat gigi Anda, membuatnya lebih tahan plak dan membantu mencegah demineralisasi. Oleh karena itu, diperlukan waktu agar fluoride aktif dan benar-benar melapisi gigi Anda dengan baik. Disarankan menunggu 3-5 menit agar fluoride benar-benar aktif baru setelahnya memakai obat kumur.

Salah memilih
Nyatanya tidak semua obat kumur itu sama loh. Mungkin banyak dari kalian menganggap jika obat kumur tersebut sama dan memiliki cara kerja yang sama, tetapi nyatanya memiliki beberapa kandungan/bahan aktif dan unsur lainnya yang mungkin tidak cocok bagi orang-orang tertentu.