Adu populer BTS dan Blackpink, siapa unggul?

BTS dan Blackpink, dua grup Kpop yang menjadi langganan trending topic di dunia maya. Siapa yang lebih populer?

BTS di sela-sela American Music Awards 2017 di Microsoft Theater di Los Angeles, CA, AS, 19 November 2017. Foto ABACAPRESS.COM vias Reuters/Lionel Hahn.

Siapa tak kenal BTS dan Blackpink? Karya-karya boyband dan girlband asal Korea Selatan itu selalu merajai trending di Youtube, bahkan memecahkan rekor dengan jumlah penonton terbanyak dalam waktu singkat.

Tak hanya di platform berbagi video, kedua idol Kpop itu juga perkasa di Twitter. BTS dengan akun Twitternya @bts_bighit memiliki pengikut jumbo hingga 24,7 juta. Pelantun lagu Dynamite itu juga menggondol tropi di ajang Billboard Music Award kategori Top Social Artist selama empat tahun berturut-turut sejak 2017. Di tahun pertama, predikat itu dibawa pulang setelah mengalahkan nama beken lainnya, yakni Justin Bieber, Selena Gomez, Ariana Grande, dan Shawn Mendes. 

Sementara Blackpink dengan akun resminya @BLACKPINK memiliki 2,3 juta followers. Angka ini memang jauh lebih kecil ketimbang BTS lantaran akunnya baru dibuat Juni 2020 lalu. Meski begitu, jumlah pengikut Blackpink di platform "Burung Biru" bertambah dengan sangat cepat. Saat baru dibuat, sekitar empat puluh menit kemudian sudah memiliki ratusan ribu followers. Sebelumnya, grup dengan empat member itu memberikan update melalui Twitter resmi manajemennya, YG Entertainment.

Lalu, siapa yang lebih populer di media sosial?

Alinea.id mencoba mengolah data di Twitter menggunakan big data dan artificial intelligence. Hasilnya, BTS lebih tenar dibandingkan Blackpink.