sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Adu populer BTS dan Blackpink, siapa unggul?

BTS dan Blackpink, dua grup Kpop yang menjadi langganan trending topic di dunia maya. Siapa yang lebih populer?

Satriani Ariwulan
Satriani Ariwulan Sabtu, 24 Okt 2020 22:47 WIB
Adu populer BTS dan Blackpink, siapa unggul?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Siapa tak kenal BTS dan Blackpink? Karya-karya boyband dan girlband asal Korea Selatan itu selalu merajai trending di Youtube, bahkan memecahkan rekor dengan jumlah penonton terbanyak dalam waktu singkat.

Tak hanya di platform berbagi video, kedua idol Kpop itu juga perkasa di Twitter. BTS dengan akun Twitternya @bts_bighit memiliki pengikut jumbo hingga 24,7 juta. Pelantun lagu Dynamite itu juga menggondol tropi di ajang Billboard Music Award kategori Top Social Artist selama empat tahun berturut-turut sejak 2017. Di tahun pertama, predikat itu dibawa pulang setelah mengalahkan nama beken lainnya, yakni Justin Bieber, Selena Gomez, Ariana Grande, dan Shawn Mendes. 

Sementara Blackpink dengan akun resminya @BLACKPINK memiliki 2,3 juta followers. Angka ini memang jauh lebih kecil ketimbang BTS lantaran akunnya baru dibuat Juni 2020 lalu. Meski begitu, jumlah pengikut Blackpink di platform "Burung Biru" bertambah dengan sangat cepat. Saat baru dibuat, sekitar empat puluh menit kemudian sudah memiliki ratusan ribu followers. Sebelumnya, grup dengan empat member itu memberikan update melalui Twitter resmi manajemennya, YG Entertainment.

Lalu, siapa yang lebih populer di media sosial?

Alinea.id mencoba mengolah data di Twitter menggunakan big data dan artificial intelligence. Hasilnya, BTS lebih tenar dibandingkan Blackpink.

Grup asuhan Bighit Entertainment itu terpantau paling banyak diperbincangkan netizen Twitter dengan 36.188.934 cuitan sepanjang tahun ini. Unggul jauh dari Blackpink yang menempati urutan kedua dengan 3.858.148 cuitan. 

 

Obrolan warganet banyak menyoroti mengenai perilisan lagu mulai dari album Map of the Soul:7 pada 7 Februari 2020, Mixtape salah satu anggotanya yaitu Suga, hingga peluncuran single Dynamite. Selain itu, pencapaian BTS di kancah internasional seperti penampilan mereka di Grammy Awards juga mendapat atensi netizen. Terbaru, netizen banyak membicarakan soal drama BTS berjudul Youth dan rencana perilisan album bertajuk BE pada 20 November 2020.

Sponsored

Tagar #BTS tertangkap berjejal dan menjadi yang paling banyak dicuitkan netizen ketika memperbincangkan BTS dengan 8.323.719 cuitan. Selain itu, tagar #BTS_Dynamite, hingga #Army turut populer.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Membahas musik Korea Selatan (Korsel) memang tidak akan ada habisnya. Dari tahun ke tahun selalu ada tren baru di industri musik. Apalagi K-Pop menjadi aliran musik Korsel yang sangat mendunia dan sukses. Tentu saja kesuksesan mereka adalah hasil kerja keras dari berbagai pihak, termasuk para fans setia yang mendukung dengan sepenuh hati. Kira-kira grup K-Pop yang paling unggul sekarang siapa ya? Yuk, simak hasil riset Alinea di atas ya. Temukan beragam artikel menarik lainnya di www.alinea.id #Alineadotid #KoreaSelatan #kpop #blackpink #bts #btsarmy #army #ladygaga #selenagomez #armyindonesia #blink #Korsel #exo #superm #nct #redvelvet #seventeen #astro #tommorowxtogether #Got7 #infografik #infografis #bigdata #kpopers

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alinea (@alineadotid) pada

Tak kalah, netizen juga terpantau mencuitkan soal capaian Blackpink di level internasional. Salah satunya saat grup beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa itu berkolaborasi dengan musisi kelas dunia seperti Lady Gaga dan Selena Gomez. Tidak hanya itu, Blackpink juga sempat memecahkan rekor Youtube melalu single berjudul How You Like That. Terhangat, film dokumenter Blackpink:Light Up the Sky yang dirilis platform streaming Netflix menjadi pusat percakapan netizen dan sempat beberapa kali masuk trending topic worldwide Twitter.

Sementara, tagar seperti #Blackpink, #SourCandy, dan #LISA tertangkap paling sering digunakan netizen yang mengunggah cuitan tentang Blackpink. 

Berita Lainnya