Ayo coba lima cara peduli lingkungan untuk 2019

Kita sebagai individu pun juga bisa berkontribusi dari hal-hal sederhana untuk mewujudkan lingkungan Indonesia yang lebih baik.

Nelayan melintas di dekat himbauan 'stop kotori laut' di kawasan pantai Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (31/12)./AntaraFoto

Di akhir tahun lalu, kita dikejutkan dengan penemuan seekor penyu dalam kondisi tidak bernyawa, dengan perut terburai plastik sampah di kawasan pinggir pantai Congot, Yogyakarta.

Hal ini cukup mengkhawatirkan keberlangsungan lingkungan di Indonesia. Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), terdapat sekitar 100.000 ton hingga 400.000 ton sampah plastik yang masuk ke laut Indonesia per tahun. Jika keadaan tersebut terus berlangsung, diprediksi bahwa pada tahun 2050 jumlah sampah plastik akan melebihi jumlah biota laut.

Melihat hal tersebut, sudah tentu perubahan sangatlah diperlukan. Kita sebagai individu pun juga bisa berkontribusi dari hal-hal yang sederhana untuk mewujudkan lingkungan Indonesia yang lebih baik. Mau tahu caranya? Yuk, simak lima cara sederhana seperti dilansir Bank DBS Indonesia berikut ini:

1.     Memikirkan penggunaan kemasan makanan dan minuman yang akan kita beli

Makanan dan minuman seringkali dikemas dalam kemasan plastik dan styrofoam, sehingga harus cerdas dalam memilih wadah penyajian makanan maupun minuman di restoran atau cafe.