Bagaimana berolahraga saat menstruasi?

Berolahraga selama siklus menstruasi bermanfaat bagi kesehatan fisik secara umum.

Ilustrasi. Freepik

Saat menstruasi, penting untuk membuat tubuh Anda bergerak. Anda mungkin merasa terlalu lemah dan lelah bahkan untuk mencoba bangun dari tempat tidur, tetapi para ahli kesehatan menyebutkan berolahraga saat haid memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun mungkin tampak seperti hal yang berlawanan dengan intuisi untuk dilakukan, tetapi berolahraga saat menstruasi dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, kram, kembung, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kelelahan, dan mual.

Selain itu, berolahraga selama siklus menstruasi bermanfaat bagi kesehatan fisik secara umum dan dapat membantu mengurangi risiko dan timbulnya berbagai masalah medis dan kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, artritis, osteoporosis, dan diabetes.

Apakah benar-benar membantu? Berolahraga selama menstruasi sangat bermanfaat, karena memengaruhi kadar hormon dan membantu mengelola gejala menstruasi. Saat tubuh bergerak (saat berolahraga), ia menghasilkan endorphin yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Namun, perlu diingat untuk tidak memaksakan diri jika aliran darah Anda deras dan mengalami kram yang menyakitkan.

Manfaat olahraga selama menstruasi:

- Bantu tingkatkan suasana hati Anda dengan memanfaatkan endorfin Anda dan cegah terjadinya perubahan suasana hati yang konstan
- Mengalahkan kelelahan dan sakit kepala
- Meredakan kram menstruasi dengan meningkatkan sirkulasi darah
- Membantu mengatasi dismenore (periode yang sangat menyakitkan)