sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bagaimana berolahraga saat menstruasi?

Berolahraga selama siklus menstruasi bermanfaat bagi kesehatan fisik secara umum.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Jumat, 18 Des 2020 07:50 WIB
Bagaimana berolahraga saat menstruasi?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Saat menstruasi, penting untuk membuat tubuh Anda bergerak. Anda mungkin merasa terlalu lemah dan lelah bahkan untuk mencoba bangun dari tempat tidur, tetapi para ahli kesehatan menyebutkan berolahraga saat haid memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meskipun mungkin tampak seperti hal yang berlawanan dengan intuisi untuk dilakukan, tetapi berolahraga saat menstruasi dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, kram, kembung, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kelelahan, dan mual.

Selain itu, berolahraga selama siklus menstruasi bermanfaat bagi kesehatan fisik secara umum dan dapat membantu mengurangi risiko dan timbulnya berbagai masalah medis dan kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, artritis, osteoporosis, dan diabetes.

Apakah benar-benar membantu? Berolahraga selama menstruasi sangat bermanfaat, karena memengaruhi kadar hormon dan membantu mengelola gejala menstruasi. Saat tubuh bergerak (saat berolahraga), ia menghasilkan endorphin yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Namun, perlu diingat untuk tidak memaksakan diri jika aliran darah Anda deras dan mengalami kram yang menyakitkan.

Manfaat olahraga selama menstruasi:

- Bantu tingkatkan suasana hati Anda dengan memanfaatkan endorfin Anda dan cegah terjadinya perubahan suasana hati yang konstan
- Mengalahkan kelelahan dan sakit kepala
- Meredakan kram menstruasi dengan meningkatkan sirkulasi darah
- Membantu mengatasi dismenore (periode yang sangat menyakitkan)

Menurut para ahli, dengan melakuan latihan kardiovaskular seperti lari, joging, jalan cepat, dan naik tangga. Selama menstruasi (setelah aliran Anda menurun) juga bisa menyehatkan. Latihan kardio juga dapat menghasilkan hormon endorfin untuk membantu meringankan gejala haid tertentu yang tidak diinginkan dan juga dapat menyeimbangkan suhu tubuh Anda, yang relatif rendah selama haid, karena fluktuasi hormonal.

Latihan apa yang terbaik selama menstruasi Anda?

Latihan tidak hanya berarti latihan kardio inti. Anda bisa keluar jalan-jalan atau jogging selama beberapa menit. Anda juga dapat mencoba peregangan yoga yang menghilangkan kram saat menstruasi, latihan kardio ringan, atau olahraga di rumah. Pada akhirnya, penting untuk mendengarkan dan memahami tubuh Anda.

Sponsored

Selama kram, Anda biasanya merasa kesal dan kembung. Jadi, jangan langsung melompat di atas treadmill dan meningkatkan kecepatan. Mulailah perlahan dan lakukan pemanasan dengan melakukan peregangan. Olahraga ringan akan meminimalkan gejala menstruasi dan membuat Anda lancar melakukan aktivitas sehari-hari. Aerobik adalah cara yang bagus untuk mengeluarkan keringat dan bersenang-senang selama menstruasi. Anda tidak akan kehilangan latihan Anda dan Anda pasti akan merasa tinggi dalam tingkat energi Anda dengan latihan intensitas rendah ini. Berikut beberapa latihan untuk wanita selama menstruasi:

1. Jalan cepat. Latihan yang paling direkomendasikan untuk meredakan kram adalah latihan kardio intensitas rendah yang menggerakkan otot dan meningkatkan detak jantung. Contoh terbaik dari hal ini adalah berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan setidaknya selama 30 menit. 

2. Lari. Jika merasa bisa melakukan joging, pilihlah satu. Pastikan menahan diri untuk tidak memaksakan diri dan tetap menyadari batasan Anda. Minum banyak air sebelum berolahraga. Ini adalah cara terbaik untuk memompa darah dan akan meningkatkan metabolisme secara instan. Tingkat energi juga akan meningkat, jadi ini adalah cara efektif untuk menyembuhkan haid. 

3. Yoga. Salah satu latihan paling serbaguna, yoga sangat cocok untuk menstruasi. Menahan diri dari inversi (pose yoga dimana jantung lebih tinggi dari tanah daripada kepala) dan fokuslah pada peregangan yang menargetkan perut untuk meredakan kram. Latihan pernapasan dan relaksasi juga bisa menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Plank. Ini adalah latihan yang bagus untuk dilakukan selama menstruasi. Berbaring di lantai lurus dengan lengan dan siku di bawah dada. Angkat diri menggunakan jari-jari kaki dan lengan bawah dan tahan posisinya. Ulangi latihan ini secara berkala. Ini adalah cara yang bagus untuk melatih seluruh tubuh secara intensif selama menstruasi. 

5.Latihan perut. Anda dapat memilih untuk melakukan latihan yang berfokus pada penguatan perut. Anda mungkin berpikir itu akan menjadi kontraproduktif, mengingat Anda mungkin mengalami kram. Tetapi ini cara terbaik untuk mengendurkan otot perut, yang akan meredakan kram menstruasi. 

6. Menari. Ini adalah cara yang bagus untuk keluar dari menstruasi dan membakar kalori. Pasang lagu favorit dan menari. Anda pasti akan berkeringat tanpa membuat diri bekerja terlalu keras.

Latihan yang harus dihindari selama mestruasi adalah stres fisiologis dari olahraga berat yang dapat mengganggu keseimbangan sumbu hipotalamus hipofisis ovarium, yang bertindak sebagai pusat kendali siklus menstruasi dan dapat mengakibatkan hilangnya menstruasi. 

Berolahraga selama menstruasi benar-benar aman, jika merasa cukup nyaman untuk melakukannya. Namun, jika aliran darah cukup deras dan tidak normal seperti kram yang cukup intens setelah berolahraga, sebaiknya langsung dibawa kepada dokter untuk mengetahui apa permasalahnnya. 

 

Sumber: boldsky.com 

Berita Lainnya