Cara Kunto Aji dan Padi Reborn produktif hadapi pandemi

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 berdampak pada bermacam segi aktivitas masyarakat.

Ilustrasi musisi. Foto Pixabay.

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 berdampak pada bermacam segi aktivitas masyarakat. Sejumlah musisi pun belakangan tak lagi tampil bermusik secara langsung. Namun, setidaknya tiga bulan belakangan, mereka mencoba mengembangkan kegiatan lain untuk menjaga produktivitas.

Penyanyi Kunto Aji, misalnya, mengakali terhambatnya aktivitas pertunjukan musik dengan menjalankan kerja sama bisnis pakaian (clothing). Usaha ini dijalankan sembari mengisi kekosongan jadwal manggung.

“Saya join dengan rekanan usaha lain di bisnis clothing untuk menjual baju dan segala pernak-perniknya. Karena biasanya dalam seminggu kami bisa tampil main musik di beberapa kota, sekarang benar-benar di rumah saja. Kami kehilangan job-job off air,” kata pelantun lagu “Pilu Membiru” itu dalam pesan suara via WhatsApp, Rabu (22/4).

Waktu luang juga dimanfaatkan Kunto Aji dengan mengembangkan usaha ternak ayam. Uniknya, pengelolaan ternak ayam ini dikelola bersama ayahnya. Hasil yang didapat dari usaha bisnis pakaian maupun ternak ayam dibagi bersama dengan orang-orang terdekatnya.

Aji yang jebolan salah satu ajang pencarian bakat itu mengungkapkan, imbas ekonomi akibat pandemi Covid-19 tak hanya dirasakannya. Anggota grup band pengiring dan kru panggungnya pun sangat terpukul karena pendapatan mereka menjadi terhambat.