Cegah Covid-19, pengawasan Kepulauan Seribu diperketat

Pemkab membatasi 800-1.000 wisatawan saat pandemi.

Petugas memantau kondisi akses menuju Kepulauan Seribu di Pelabuhan Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (30/6/2020). Dokumentasi Pemkab Kepulauan Seribu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, akan memperketat pengawasan wilayah guna mengantisipasi penyebaran coronavirus baru (Covid-19). Pemantauan diutamakan di pulau-pulau berpenghuni.

"Akhir pekan nanti, kita kirim petugas untuk bersiaga di dermaga keberangkatan. Semua kapal dibatasi penumpangnya," ujar Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, Rabu (8/7).

Dirinya juga meminta jumlah petugas ditambah saat akhir pekan dan melarang pelancong untuk berwisata saat 800-1.000 wisatawan telah datang. "Tidak boleh lagi," tegasnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Supriyadi, menegaskan, pihaknya bakal menambah jumlah petugas yang berjaga hingga dua kali lipat. Awalnya terdapat 6-8 personel.

"Akhir pekan nanti, kita kirimkan 16 orang petugas gabungan agar tidak kewalahan dan bisa menyetop jika terjadi lonjakan wisatawan yang hendak ke Pulau Untung Jawa," jelasnya, menukil Beritajakarta.