Coworking space: Tren bekerja dinamis anak muda

Di kota-kota besar, coworking space menjadi andalan tempat pekerja muda untuk bekerja.

Salah satu sudut Cocowork, sebuah coworking space di Jakarta. /www.instagram.com/cocowork.co/

Di Indonesia, dari tahun ke tahun, jumlah coworking space selalu bertambah. Data asosiasi Coworking Indonesia, seperti dikutip dari Katadata edisi 26 Juni 2018, menyebutkan, hingga Juni 2018, jumlahnya sekitar 200 unit. Di tahun sebelumnya, jumlahnya 150 unit.

Di kota besar seperti Jakarta, jumlah coworking space pun makin bertumbuh. Coworking space merupakan sebuah terobosan untuk menyewakan ruang kerja kepada individu, kelompok, maupun perusahaan. Mereka akan berbagi ruang dengan orang lain. Itulah mengapa tempat ini disebut ruang kerja bersama alias coworking space.

Konsultan properti Leads Property Services menyatakan, tren-tren ruang kerja bersama berkembang seiring dengan kebangkitan industri teknologi dan perusahaan rintisan (start up).

Senior Director Leads Property Services Darsono Tan, dalam hasil riset yang diterima Alinea.id mengatakan, beberapa tahun terakhir, Jakarta menjadi pusat perkembangan coworking space. Jakarta menjadi pemimpin, dibanding daerah lainnya dalam hal pertambahan jumlah coworking space.

Coworking space menawarkan aneka fasilitas, seperti meja kerja, koneksi internet, dan pantri. Ada pula yang menyewakan ruang rapat dan kantor privat, yang bisa disewa harian, bulanan, maupun tahunan.

Sejumlah coworking space bahkan ada yang didesain sangat menarik, dilengkapi ruang santai, ruang membaca, fasilitas bermain, hingga lapangan futsal indoor.