Diet malah bisa menambah berat badan?

Health Line menulis, diet adalah bisnis global bernilai miliaran dolar.

Ilustrasi timbangan berat bedan./Foto mojzagrebinfo/Pixabay.com

Awal Januari 2024, putri Presiden Joko Widodo yang juga istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kahiyang Ayu membagikan keberhasilannya menurunkan berat badan hingga 30 kilogram. Selama 2023, ia memutuskan diet karena tak tahan tubuh gemoy-nya dikritik banyak orang.

Health Line menulis, diet adalah bisnis global bernilai miliaran dolar. Tahun 2015, menurut peneliti dari University of Fribourg, yakni A.G. Dullo dan J-P Montani dalam Obesity Reviews (2015) diperkirakan program penurunan berat badan, produk, dan terapi lainnya menghasilkan keuntungan lebih dari 150 miliar dolar AS di Amerika Serikat dan Eropa.

Pada 2022, diperkirakan pasar penurunan berat badan global mencapai 246 miliar dolar AS. Tak bisa dimungkiri, menurunkan berat badan menjadi prioritas bagi banyak orang, terutama perempuan.

“Banyak peneliti percaya, hal ini berkaitan dengan memiliki citra tubuh yang buruk, yang diperburuk paparan media yang terus menerus terhadap model, selebritas, dan atlet yang langsing,” tulis Health Line.

Karenanya, tak heran program penurunan berat badan diburu banyak orang. Meski memakan biaya yang cukup mahal. Riset para peneliti dari Duke-NUS Graduate Medical School dalam Obesity (Silver Spring) (2014) menyebut, biaya rata-rata menurunkan 5 kilogram berkisar antara 755 dolar AS untuk program Weight Watchers hingga 2.730 dolar AS untuk pengobatan orlistat.