Dua komunitas para ibu saling dukung dan manfaatkan WhatsApp

Komunitas di WhatsApp memungkinkan kedua komunitas ini mengelola percakapan mereka yang sibuk dengan menyatukan banyak grup.

Foo istimewa

Setiap 22 Desember menjadi peringatan Hari Ibu di Indonesia. Perayaan yang selalu dirayakan setiap tahun ini pada umumnya untuk mengapresiasi peran ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Tak jarang, beberapa ibu saling mendukung dalam sebuah komunitas yang di dalamnya tergabung para ibu dengan kesamaan visi, seperti Single Moms Indonesia dan Motherland, yang merupakan dua komunitas asal Indonesia dengan kesempatan mencoba fitur baru Komunitas di WhatsApp pada 2022.

Komunitas di WhatsApp memungkinkan kedua komunitas ini mengelola percakapan mereka yang sibuk dengan menyatukan banyak grup di bawah satu payung. Fitur Komunitas juga memberi admin alat yang ampuh, termasuk grup pengumuman, dan kemampuan untuk membuat subgrup.

Pertama, komunitas Single Moms Indonesia (SMI) adalah komunitas dengan misi memberdayakan para ibu tunggal yang sudah berdiri sejak 2014. Hingga saat ini, komunitas SMI telah memiliki lebih dari 7.800 anggota yang tersebar di seluruh daerah di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Komunitas ini rutin mengadakan beragam program agar anggotanya bangkit dan berdaya seperti soft skill, make up, parenting, healing, dan hard skill, kelas menulis, public speaking, financial management, dan lain sebagainya.

“Mulanya, waktu itu saya belum resmi bercerai, tetapi saya tidak menemukan support group khusus yang berisi ibu tunggal. Sehingga terbentuklah SMI ini, karena menjadi ibu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi menjadi ibu tunggal,” cerita Founder Single Moms Indonesia Maureen Hitipeuw, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/12).