Google tampilkan Rasuna Said dalam doodle

Mengenal Rasuna Said yang menjadi doodle google hari ini.

Doodle Rasuna Said oleh Google.

Google menampilkan Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau HR Rasuna Said dalam doodle halaman depan mesin pencari tersebut. Pemilihan wajah perempuan yang akrab disapa Rasuna itu tak terlepas dari peringatan hari kelahirannya ke-112 pada hari ini (14/9).

Pribadi yang baru ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 13 Desember 1974 itu, lahir tepat 35 tahun sebelum Indonesia merdeka. Penetapan dirinya sebagai pahlawan perempuan kesembilan pun termaktub dalam Surat Keputusan Presiden RI No.084/TK/1974. 

Desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjadi saksi bisu lahirnya sang legenda kaum hawa tersebut. Kemudian, dia wafat di usia 55 tahun pada 2 November 1965 karena kanker darah dan dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta.

Ia adalah seorang keturunan bangsawan Minang, dengan ayahnya bernama Muhammad Said, seorang saudagar Minangkabau dan mantan aktivis pergerakan. Rasuna dikirim oleh ayahnya untuk melanjutkan pendidikan di pesantren Ar-Rasyidiyah yang pada kala itu, Rasuna menjadi satu-satunya santri perempuan di sana.

Rasuna Said memperjuangkan wanita lewat ranah politik, dengan bergabung di Sarekat Rakyat sebagai sekretaris cabang. Lalu pada 1930, ia juga bergabung dalam Soematra Thawalib dan mendirikan Persatuan Muslimin (PERMI) di Bukittinggi.