Harapan Cinta Laura kepada influencer

Kebanyakan media dan influencer hanya memikirkan perihal views dan rating semata.

Cinta Laura Kiehl. Foto akun twitter @xcintakiehlx

Aktris muda blasteran Indonesia-Jerman Cinta Laura Kiehl mengatakan, layar kaca televisi maupun lini masa media sosial kerap kali dihiasi oleh informasi atau pun konten yang cenderung bersifat sebatas lucu-lucuan saja, dan minim norma-norma (values).

Padahal menurut Cinta, media dan influencer seharusnya bisa menyajikan hal-hal yang lebih bersifat mendidik masyarakat, agar mereka (masyarakat khususnya generasi muda) dapat tetap menjaga nilai-nilai Pancasila, intelektual, dan moral bangsa.

“Cara berpikir generasi Z, alpha, dan milenial itu sangat terpengaruh oleh konten digital. Sampai dalam hal konsumsi, mereka membeli barang pun tidak lepas dari pengaruh influencer yang mereka lihat. Jadi, penting bagi para influencer untuk selalu menyajikan hal-hal atau konten yang positif dan mendidik, karena mereka akan selalu meniru perbuatan kita,” ujarnya, dalam diskusi webinar Selasa (23/2).

Saat ini kebanyakan media dan influencer hanya memikirkan perihal views dan rating semata, tanpa berpikir akan tanggung jawab dalam berkontribusi mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Padahal sudah semestinya media dan public figur mengambil peran dan turut berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Sekarang ini banyak sekali media dan influencer yang posting hal-hal bersifat skandal karena ingin banyak yang like. Mereka (media dan influencer) ingin banyak yang nonton, mereka ingin punya rating yang tinggi tanpa memperdulikan isi dan nilai konten tersebut,” imbuhnya.