Hewan apa yang bisa mengenali dirinya?

Penelitian awal tentang pengenalan diri hewan lewat cermin dilakukan pada 1970, dilakukan Gordon Gallup dari University at Albany.

Ilustrasi hewan becermin./Foto a_m_o_u_t_o_n/Pixabay.com

Pernahkah Anda melihat seekor anjing menyalak, saat dirinya becermin? Atau seekor ikan cupan malah menyerang pantulan dirinya sendiri di cermin. Artinya, hewan-hewan itu menganggap diri mereka sendiri sebagai lawan. Sebagian besar hewan memang tak mengenali dirinya sendiri. Namun, bukan berarti semuanya demikian.

Penelitian awal tentang pengenalan diri hewan lewat cermin dilakukan pada 1970, dilakukan Gordon Gallup dari University at Albany. Dalam penelitian yang terbit di jurnal Science tersebut, peneliti menguji simpanse yang dibius, lalu ditandai memakai pewarna merah di wajahnya.

Saat tersadar, simpanse itu memeriksa area yang telah ditandai di cermin. Hal itu menunjukkan bahwa simpanse memahami pantulan di cermin adalah tubuhnya sendiri.

Setelah itu, muncul penelitian serupa. Beberapa jenis primata lolos ujian pengenalan diri. Orangutan mengenali diri mereka sendiri dan bahkan mengidentifikasi tanda-tanda di tubuh mereka, sebut sebuah penelitian 1973 bertajuk “Experiments on self-recognition in a mirror in orangutans, chimpanzees, gibbons and seceral monkey species” yang dikerjakan Jurgen Lethmate dan Gerti Ducker.

“(Primata jenis) bonobo (yang) diamati memeriksa area tubuh mereka, yang tidak dapat mereka lihat menggunakan cermin, dalam penelitian tahun 1994,” tulis Live Science.