Hidup dengan polusi udara, terutama dari kebakaran hutan atau pertanian, meningkatkan risiko demensia

Partikel polusi kecil ini bisa masuk ke otak melalui hidung dan menyebabkan kematian sel saraf yang berhubungan dengan demensia.

Foto: Pixabay

Sebuah studi baru menemukan bahwa orang-orang di wilayah Amerika Serikat dengan tingkat polusi udara jenis tertentu yang tinggi memiliki risiko demensia yang lebih besar.

Studi yang diterbitkan Senin di jurnal JAMA Internal Medicine, mengamati data dari 27.857 peserta survei antara tahun 1998 hingga 2016. Sekitar 15%, atau 4.105, terjangkiti demensia selama masa studi, dan semuanya tinggal di wilayah AS dengan konsentrasi demensia yang lebih tinggi polusi partikel daripada mereka yang tidak dilanda demensia.

Penulis studi mengatakan ini adalah studi perwakilan nasional pertama tentang efek potensial polusi partikel dari berbagai sumber emisi pada demensia di AS, dan kaitannya dengan demensia paling kuat di daerah dengan polusi dari pertanian dan kebakaran hutan.

Penting untuk dicatat, kata penulis studi, bahwa asosiasi ini diamati bahkan pada tingkat polusi yang lebih rendah dari standar kualitas udara ambien nasional saat ini.

Polusi partikel, juga disebut PM2.5 atau materi partikulat, adalah campuran tetesan padat dan cair yang mengambang di udara, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS.  Itu bisa datang dalam bentuk kotoran, debu, jelaga atau asap.  Materi partikulat dapat berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar batu bara dan gas alam, mobil, pertanian, jalan tak beraspal, lokasi konstruksi, dan kebakaran hutan.