Hindari konsumsi 7 makanan ini saat minum obat

Untuk menghindari efek samping yang berpotensi serius, beberapa obat tidak boleh dikombinasikan dengan makanan atau minuman tertentu.

ilustrasi. foto Pixabay

Mengabaikan label peringatan obat resep bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Label kecil yang dilampirkan pada wadah obat Anda berisi informasi berharga yang dimaksudkan untuk membuat Anda seaman mungkin. Untuk menghindari efek samping yang berpotensi serius, mulai dari kantuk dan mual hingga kerusakan hati yang serius, beberapa obat tidak boleh dikombinasikan dengan jenis makanan atau minuman tertentu, atau harus diberi jarak sejauh mungkin.

Untuk memastikan obat-obatan Anda bekerja sebagaimana mestinya, berikut adalah beberapa kombinasi makanan dan obat yang paling umum untuk dihindari.

Jeruk bali
Banyak orang menikmati sepotong jeruk bali atau segelas jus jeruk bali saat sarapan atau sebagai camilan di kemudian hari. Tetapi jika Anda menggunakan jenis obat tertentu untuk jantung Anda, untuk mengelola kecemasan, atau untuk mengontrol kejang, Anda mungkin perlu mengeluarkan buah ini dari diet Anda. 

Grapefruit mengandung zat yang dapat menyebabkan beberapa obat diserap terlalu cepat, sehingga meningkatkan efeknya secara berbahaya. Atau obat mungkin menyerap terlalu lambat, sehingga tidak bekerja dengan baik. Periksa label obat Anda untuk melihat apakah secara khusus mengatakan untuk menghindari jeruk bali saat menggunakan obat itu.

Licorice 
Beberapa orang menyukainya dan yang lain membencinya. Jika Anda termasuk pecinta licorice di dunia, Anda mungkin harus menjauhi perawatan ini jika Anda mengonsumsi obat jantung atau obat tekanan darah tertentu. Senyawa dalam licorice yang disebut glycyrrhizin dapat menurunkan jumlah kalium dalam darah Anda, mengakibatkan detak jantung tidak teratur atau tekanan darah tinggi.