Ingin hamil sehat? Begini panduannya

Kondisi kehamilan yang sehat harus senantiasa terjaga agar kondisi janin dan wanita hamil juga sehat. Serta terhindar dari komplikasi

Wanita yang telah menikah dan hendak memiliki anak perlu mempersiapkan diri untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Kondisi kehamilan yang sehat sangat penting untuk mendukung kesehatan janin dan wanita hamil.

Sebaliknya, komplikasi yang terjadi saat masa kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan wanita hamil, janin, maupun keduanya. Beberapa komplikasi bahkan terjadi akibat masalah yang terjadi pada wanita sebelum kehamilan dan dipengaruhi oleh kondisi hamil, seperti: asma, penyakit menular seksual, HIV, dan penyakit tiroid.

Sejumlah komplikasi yang timbul karena kehamilan seperti: anemia, hiperemesis gravidarum (mual dan muntah dengan frekuensi yang jauh lebih parah daripada morning sickness), hipertensi, diabetes gestasional (diabetes yang dialami wanita selama hamil), dan lainnya.

Menurut dr. Rully Ayu Nirmalasari, SpOG, dari Bamed Women’s Clinic, Jakarta Selatan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, antara lain:

1. Pemeriksaan kesehatan secara teratur, termasuk pengobatan penyakit yang diderita sebelum hamil sampai dinyatakan sembuh atau diperbolehkan hamil oleh dokter dan dalam pengawasan.