Kiat mencari bahan pengganti masakan Indonesia di luar negeri

Betapa menantangnya mencari bahan pengganti dari bahan masakan khas Indonesia ketika menetap di luar negeri.

 Aslida Rahardjo.AntaraFoto

 Aslida Rahardjo membagi beberapa resep serta tip bagi warga negara Indonesia yang menetap di luar negeri dan ingin memasak hidangan khas nusantara, melalui bukunya "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua".

"Saya ingin berbagi pengalaman sebagai istri yang mengikuti suami bertugas ke luar negeri, saya bisa merasakan pentingnya ketersediaan bumbu, dan bahan penggantinya di lima benua," kata Aslida di sela-sela peluncuran bukunya, di Jakarta, Minggu.

Aslida yang merupakan istri dari mantan Duta Besar Indonesia untuk China Sugeng Rahardjo itu, mengungkapkan betapa menantangnya mencari bahan pengganti dari bahan masakan khas Indonesia ketika menetap di luar negeri.

"Saya memulai research ini ketika di Austria. Saya mau bikin lodeh, tetapi di sana tidak ada labu siam, lalu saya menemukan buah lain yang rasa dan teksturnya hampir sama," kenang dia.

Selain cukup menantang, ia pun mengatakan perjalanannya menemukan bahan-bahan dan bumbu dapur khas tanah air itu pun menyenangkan, lantaran ia bisa ke pasar dan menemukan bahan yang pas.