Kopi kreasi alkohol, siasat bagi yang tak suka pahit

Kopi kreasi dengan campuran essence membuat rasa asam kopi lebih mild.

Pemberian rum atau alkohol pada kopi guna menciptakan kreasi baru untuk pelanggan./pixabay

Atas nama kreasi, kopi campuran alkohol rupanya banyak diminati masyarakat urban saat ini. Bahkan ada tambahan dari rum dan Bailey's dalam campuran kopi kekinian, peminatnya pun tidak sedikit yang ingin mencicip kopi dengan campuran alkohol. 

Serupa dengan Kararopi, kedai Kopi Soe juga menawarkan menu unggulan yang mengolah kopi dengan tambahan rum. Seorang pelayan Kopi Soe menjelaskan, menu kopi unggulan miliknya adalah Kopi Soe Gula Merah dan Es Kopi Rum. Khusus dalam 250 ml Es Kopi Rum, komposisinya terdiri atas: 25 ml rum, 35 ml kopi robusta, dan 150 ml susu cair yang terdiri dari campuran krimer dan susu full cream yang ditambah beberapa butir es batu.

Sementara menu nonkopi yang juga menjadi favorit pelanggan Kopi Soe adalah Rum Regal. Segelas Rum Regal disajikan berupa es kopi rum dengan taburan kue regal di atasnya. Berbeda dengan Es Kopi Rum, konsumen dapat memilih kandungan susu yang menjadi campuran Rum Regal, yaitu susu krim atau susu soya yang dibuat dari tambahan fermentasi kacang hijau.

Masing-masing menu kopi dan nonkopi ini dibanderol dengan harga rata-rata Rp20–Rp40 ribu per gelas. Dengan jumlah penjualan per hari sekitar 250–500 cup di satu cabang Kopi Soe saja, tentu bisnis kopi ini terkesan sangat menggiurkan. Bisnis kedai kopi ini pun terlihat sangat ekonomis lantaran bertumpu pada penjualan secara take away dan pemesanan via daring. 

Pola penjualan seperti itu memperlihatkan kecenderungan dalam bisnis kedai kopi di kota besar di Indonesia. Alinea.id pun sempat menyambangi kedai Kopi Kenangan yang terdapat di dua pusat perbelanjaan di Jakarta Barat, Kamis (18/7).