Lubang gigi tambah besar, jangan langsung negatif thinking sama dokter gigi!

Bisa jadi lubang yang terlihat kecil secara kasat mata, sebenarnya tidak mencerminkan kondisi sesungguhnya.

ilustrasi. foto Michael Larrson/Pixabay

Pernah tidak merasa begini: Tadinya lubang gigi saya kecil, tetapi ketika ditambal oleh dokter gigi kok jadi tambah besar?

Jangan buru-buru negatif thinking. Karena umumnya, kondisi itu memang bukan karena dokter gigi membuat lubang gigi Anda makin membesar, tetapi lubang itu sebenarnya memang sudah besar sejak awal, sebelum anda datang ke dokter gigi. Hanya saja, anda tidak mengetahui, sebelum diperiksa oleh dokter gigi secara langsung.

"Perlu diketahui oleh pasien bahwa terkadang lubang yang terlihat tampak begitu kecil secara kasat mata, tapi seringkali didalam gigi tersebut lubangnya telah meluas lebih lebar dari yang terlihat," kata drg Farrah Juwita Yamin, kepada Alinea.id.
 
Mengapa bisa begitu?

Menurut drg Farrah hal ini disebabkan kuman penyebab gigi berlubang berasal dari sisa-sisa makanan yang terjebak masuk ke dalam lubang gigi yang sangat kecil tadi (retensi sisa makanan), dan tertahan terlalu lama karena tidak terjangkau oleh sikat gigi. 

"Sehingga terjadi pertumbuhan bakteri meluas yang menghasilkan produk demineralisasi gigi secara berlebih sehingga merusak gigi dari dalam," imbuhnya.