Magang di era work from home, bisa?

Kegiatan magang sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun peserta magang. 

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Magang banyak diminati karena dapat menjadi tempat menuntut ilmu maupun pemahaman dalam segi lingkup pekerjaan, cara kerja, sistem kerja, hingga praktik kerja tersebut dalam bidang terkait atau keterampilan yang dibutuhkan industri. Kegiatan magang sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun peserta magang. 

Ada beberapa rujukan yang bisa dibaca mengenai magang ini, yaitu Pasal 21-Pasal 30 pada Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. Per.22/MEN/IX/2009. 

Semasa pandemi, tersebar luas di sosial media info lowongan magang work from home atau pekerjaan yang dikerjakan di rumah. Kita bisa mempersiapkan diri dan terus mencari informasi magang yang sesuai dengan minat dimiliki.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan melalui kegiatan magang:

1. Membuka wawasan,
Untuk pelajar dan mahasiswa, program magang ini bisa dijadikan pintu masuk atau gerbang awal memasuki dunia kerja. Biasanya, peserta magang bisa ikut kegiatan yang berhubungan langsung dengan sistem kerja kantor. Contohnya, peserta dapat ikut projek divisi yang ditempatinya.