sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Magang di era work from home, bisa?

Kegiatan magang sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun peserta magang. 

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 02 Feb 2021 14:53 WIB
Magang di era work from home, bisa?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.263.299
Dirawat 160.142
Meninggal 34.152
Sembuh 1.069.005

Magang banyak diminati karena dapat menjadi tempat menuntut ilmu maupun pemahaman dalam segi lingkup pekerjaan, cara kerja, sistem kerja, hingga praktik kerja tersebut dalam bidang terkait atau keterampilan yang dibutuhkan industri. Kegiatan magang sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun peserta magang. 

Ada beberapa rujukan yang bisa dibaca mengenai magang ini, yaitu Pasal 21-Pasal 30 pada Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. Per.22/MEN/IX/2009. 

Semasa pandemi, tersebar luas di sosial media info lowongan magang work from home atau pekerjaan yang dikerjakan di rumah. Kita bisa mempersiapkan diri dan terus mencari informasi magang yang sesuai dengan minat dimiliki.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan melalui kegiatan magang:

1. Membuka wawasan,
Untuk pelajar dan mahasiswa, program magang ini bisa dijadikan pintu masuk atau gerbang awal memasuki dunia kerja. Biasanya, peserta magang bisa ikut kegiatan yang berhubungan langsung dengan sistem kerja kantor. Contohnya, peserta dapat ikut projek divisi yang ditempatinya.

Keterlibatan tersebut bisa mengasah skill dan wawasan kamu dalam mengerjakan projek tersebut. Nantinya, wawasan yang sudah didapat membuat peserta lebih siap dengan duna kerja dan menjadikan diri sendiri sebagai seseorang yang siap kerja dan dapat diandalkan.

2. Mengembangkan dan menambah skill
Saat peserta magang mendapatkan tugas, tugas tersebut dikerjakan dengan skill yang kita punya. Kita bisa belajar banyak dari setiap tugas yang diberikan, apalagi saat kita mengerjakan hal baru, bisa dijadikan ilmu baru yang dipakai keesokan hari dan seterusnya. Skill yang berkembang dapat diterapkan saat kita bekerja atau mengejakan tugas sekolah atau kampus.

3. Relasi
Peserta magang bisa bertemu orang-orang baru di tempat kerjanya, walaupun work from home juga bisa loh. Kita bisa belajar hal baru dari hal yang dikerjakan dan juga pengalaman-pengalaman mereka, orang-orang baru, yang bisa dijadikan pembelajaran dalam menghadapi dunia kerja.

Sponsored

4. Peluang pekerjaan
Pengalaman magangmu bisa dijadikan nilai lebih saat melamar pekerjaan. Hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam perusahaan mencari karyawannya. Tambahan lainnya, jika saat magang peserta memiliki sikap yang baik, etos kerja yang baik juga, bisa jadi peserta berpeluang untuk diangkat menjadi karyawan perusahaan tersebut. 

Berita Lainnya

Pemerintah jaga pasokan vaksin

Kamis, 25 Feb 2021 02:32 WIB

Pemerintah berupaya jaga pasokan vaksin

Kamis, 25 Feb 2021 02:39 WIB

Update Cyberpunk 2077 tertunda lagi

Kamis, 25 Feb 2021 16:34 WIB