Memilih donor stem cells daripada semifinal Euro 2020, Pria Inggris digelari 'pahlawan'

Hidup lebih penting daripada pertandingan sepak bola. Tidak ada sepak bola yang sebanding dengan nyawa.

Sam Astley. foto Facebook

Harry Kane mungkin dielu-elukan orang Inggris saat momen semifinal Inggris vs Denmark Rabu kemarin. Namun di saat yang sama orang Inggris menyematkan gelar 'pahlawan' kepada seorang pria biasa di luar stadion karena aksi kemanusiaannya yang banyak menuai pujian.

Sam Astley, 24, membuang kesempatan sekali seumur hidup menyaksikan Inggris bermain melawan Denmark di semifinal Euro 2020. Di hari pertandingan itu, dia justru pergi ke klinik untuk menjadi donor stem cells dan sumsum tulangnya. Padahal dia adalah suporter fanatik dan ingin sekali menyaksikan langsung pertandingan semifinal, yang merupakan momen bersejarah itu.

Kisahnya viral di media sosial. Netizen di Inggris pun memberinya gelar 'pria sejati, pahlawan dunia nyata'.

Sam Astley, dari Sedgley, di West Midlands, sebelumnya mendaftar ke badan amal yang menggalang donor stem cells dan tulang sumsum, Anthony Nolan. Ia dinyatakan memenuhi syarat sehingga sesuai jadwal ia harus pergi ke klinik di London pada Rabu pagi untuk operasi, bukan pertandingan.

Dia juga mengajukan diri untuk mendaftar di Turnamen Sepak Bola Memorial Olly Wilkes, yang diselenggarakan oleh ayah Olly, Simon Wilkes, yang menderita kelainan darah.