Menangkap peluang bisnis es kopi susu kekinian tahun 2020

Konsumsi kopi domestik naik dua kali lipat pada 2019. Tren ini jadi peluang untuk bisnis kedai kopi.

Aktris Raline Shah tampak menyiapkan kopi di kedai Kisaku. (Instagram/@kisaku.co)

Bisnis kedai kopi di Indonesia makin menjamur seiring dengan tumbuhnya jumlah generasi Z dan Y yang mendominasi demografi penduduk Indonesia.

Hasil riset perusahaan penyedia mesin dan bahan-bahan pembuatan kopi Indonesia, PT Toffin Indonesia, jumlah gerai kopi di Indonesia sampai Agustus 2019 mencapai 2.937 kedai. Angka ini meningkat hampir tiga kali lipat dibanding 2016 yang hanya sekitar 1.083 gerai.

Sejalan dengan itu, konsumsi kopi domestik Indonesia juga terus meningkat. Data tahunan konsumsi kopi Indonesia pada 2019 yang dikeluarkan Global Agricultural Information Network mencatat proyeksi konsumsi domestik pada 2019/2020 mencapai 294.000 ton atau meningkat 13,9% dibanding konsumsi pada 2018/2019 yang mencapai 258.000 ton.

Khusus untuk jenis kopi susu kekinian yang sebenarnya merupakan ready to drink fresh coffee, mengalami peningkatan yang tajam. Data Euromonitor mencatat jumlah penjualan kopi kekinian pada 2013 hanya 50 juta liter, pada 2018 melonjak hingga 120 juta liter.

Pertumbuhan kelas menengah pada 2020