Mencicip renyahnya Sala, camilan khas Pariaman

Penganan yang kadang disebut juga sala lauak tersebut dibuat dari campuran tepung beras, ikan asin dan beberapa penyedap. Tertarik mencoba?

Sala lauak, panganan khas dari Pariaman, Sumatera Barat/Cookpad

Bentuknya bulat sebesar bola pingpong, warnanya kuning kecoklatan, renyah pada bagian luar, gurih isinya, itulah sala camilan khas dari Pariaman, Sumatera Barat.

Penganan yang kadang disebut juga sala lauak tersebut dibuat dari campuran tepung beras, ikan asin dan beberapa penyedap yang digoreng dengan minyak panas, dapat dijumpai di berbagai kedai di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Sala menjadi teman pas untuk menemani makan lontong sayur atau lontong gulai kikil, namun dimakan langsung rasanya juga tetap lezat sehingga tak cukup jika hanya memakan satu biji.

Untuk membuat sala, resepnya adalah tepung beras dicampur cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, garam dan ikan asin yang dihaluskan, lalu adonan disiram air hangat.

Adonan tersebut dibentuk bulat sebesar bola pingpong lalu digoreng hingga menguning. Namun selama digoreng, jangan coba-coba untuk mengaduknya sebelum adonan mengeras karena akan berpotensi meletup.