Menteri PPPA ungkap pentingnya pendidikan karakter bagi anak

Mengantarkan anak-anak yang berkualitas untuk meraih cita-citanya merupakan investasi kepada calon pemimpin bangsa.

Ilustrasi peserta didik dan guru di sebuah kelas. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, pentingnya pendidikan karakter bagi anak guna mempersiapkan generasi mendatang yang berkualitas menuju Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045.

Selain itu, tumbuh kembang anak yang berkualitas juga perlu mendapatkan dukungan. Makanya, lembaga pendidikan, terutama tingkat KB (Kelompok Belajar), TK dan SD harus mampu memfasilitasi secara profesional sarana dan prasarana yang mendukung stimulasi, target pembelajaran, dan pendidikan karakter bagi anak.

“Bersama-sama dengan orang tua, tenaga pendidik harus dapat mencari jalan keluar berbagai luapan ekspresi anak-anak yang tentunya dengan mengedepankan kepada perspektif pemenuhan hak anak. Sudah menjadi tugas kita, orang dewasa di sekitar mereka untuk memahami bahasa anak-anak. Karena, mengantarkan anak-anak yang berkualitas untuk meraih cita-citanya merupakan investasi kepada calon pemimpin bangsa. Investasi yang berdampak langsung pada kesejahteraan, kesuksesan dan kemajuan negara,” ujarnya dalam webinar, Senin (20/9).

Bintang mengatakan, Kementerian PPPA siap bersinergi, berkolaborasi demi memastikan hak anak-anak Indonesia terpenuhi dan terlindungi sebaik-baiknya. Salah satunya, melalui inisasi Satuan Pendidikan Ramah Anak, yang juga mendukung indikator terbentuknya Kabupaten/Kota Layak Anak

Sejalan dengan Bintang, Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni menjelaskan pentingnya membangun Generasi Emas 2045 dengan memberikan keterampilan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Di antaranya, meningkatkan kualitas karakter guna beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis, litersi dasar di berbagai bidang, dan kompetensi dalam memecahkan berbagai masalah dengan berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.