Menu buka puasa dan sahur bagi mereka yang diet

Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan yang hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari

Ilustrasi/Pexels.com

Puasa bisa menjadi kesempatan Anda untuk menurunkan berat badan alias diet. Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari, saat buka puasa dan sahur, sehingga membantu Anda mengontrol asupan makanan. Namun ingat, jangan makan berlebihan saat buka puasa dan sahur.

Hal ini justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Lalu, bagaimana sebaiknya menjalankan diet saat puasa? Menu buka puasa apa saja yang diperlukan untuk yang sedang diet? Simak pemaparan yang diberikan Hello Sehat berikut ini.

Berapa kalori yang harus dikonsumsi di menu buka puasa dan sahur jika ingin diet saat puasa?

Walaupun waktu makan dibatasi saat puasa, namun asupan makan perlu dikontrol jika ingin menurunkan berat badan. Sebaiknya, kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu. Misalnya, total asupan kalori biasanya adalah sebanyak 2000 kalori, maka Anda hanya perlu mengonsumsi sebanyak 1500 kalori saat puasa untuk mencapai penurunan berat badan.

Namun, jangan berlebihan dalam membatasi asupan kalori Anda. Ingat, tubuh Anda tetap membutuhkan kalori untuk melakukan fungsi normalnya. Setidaknya, Anda harus mencukupi kebutuhan kalori minimal 1200 kalori/hari untuk menjaga fungsi normal tubuh.