Menurunkan demam dengan kompres dingin ternyata salah

Jika seseorang demam, yang dianjurkan adalah kompres air hangat, bukan dingin. Hal ini untuk memindahkan suhu panas pada tubuh.

Ilustrasi/Shutterstock

Apakah saat ada anggota keluarga yang sakit, Anda sering mengompresnya dengan air dingin? Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan. Ketika seseorang demam, biasanya banyak orang akan melakukan kompres dingin. Padahal ini sangat tidak dianjurkan. Mengapa? Ini alasannya seperti dilansir Hello Sehat (hellosehat.com).

Bahaya kompres dingin saat demam

Kompres merupakan tindakan yang biasa dilakukan orangtua ketika anak demam. Namun, kompres tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh jika menggunakan air dingin. Jika seseorang demam, yang dianjurkan adalah kompres air hangat, bukan dingin. Hal ini untuk memindahkan suhu panas pada tubuh.

Sejumlah orangtua memang sering kali salah kaprah dalam melakukan kompres. Beberapa orangtua diketahui mengompres anak yang demam dengan merendam kain ke dalam wadah air berisi es batu. Kain yang dingin itu kemudian diletakkan di dahi anak.

Suhu tubuh memang akan berpindah dari yang tinggi ke suhu yang lebih rendah. Akan tetapi, kompres air dingin justru dapat menutup pori-pori sehingga menghambat berpindahnya suhu tubuh.