Merokok vs Kegemukan, lebih bahaya mana?

Tidak ada jawaban pasti yang mengatakan, salah satunya pasti lebih berbahaya sementara yang lain lebih aman di antara keduanya.

Sejumah mahasiswa Uhamka Muhammadiyah melakukan aksi simpatik tentang bahaya merokok saat Hari bebas kendaran, Car Fre Day (CFD) di Jakarta./AntaraFoto

Orang merokok dihantui oleh segudang risiko kesehatan yang membahayakan. Begitu juga berbagai risiko komplikasi akibat obesitas yang tidak boleh disepelekan. Keduanya sama-sama berbahaya, tapi jika harus dibandingkan… Mana, ya, yang lebih merusak kesehatan, merokok atau obesitas?

Berikut penjelasannya. Simak pemaparan yang diberikan Hello Sehat (hellosehat.com) berikut ini.

Lebih bahaya orang merokok atau obesitas?

Menjadi perokok aktif dapat memotong hingga 14 tahun usia Anda, tergantung dari jumlah rokok yang diisap setiap hari dan berapa lama catatan rekor Anda sebagai seorang perokok aktif. Perkiraan ini pun belum menghitung angka harapan hidup yang hilang karena komplikasi merokok, seperti emfisema atau kanker paru, yang dapat merenggut lebih banyak lagi usia Anda.

Sementara itu, obesitas bisa menghilangkan sekitar 8-10 tahun dari perkiraan usia Anda, terutama untuk orang yang telah berusia 40-45 tahun.