MUI akan wajibkan sertifikat halal di kedai kopi

Pengawasan bagi produk makanan atau minuman beralkohol diakui memang tidak berjalan ketat.

MUI akan wajibkan sertifikat halal pada kedai kopi./Pixabay

Kopi kreasi dengan campuran alkohol di dalamnya memang menggoda untuk dicicip. Alinea.id sempat mencicipi satu cup es kopi rum dari Kopi Soe.

Kopi ini terasa sedikit pahit seperti bir. Namun lama-lama saat disesap, rasa pahit kopi tak lagi dominan, kecuali manis dan terasa lebih menyegarkan. Sekira setengah jam setelah menghabiskan kopi seharga Rp21.000 itu, minuman ini akan menimbulkan efek serdawa.

Berbeda dengan Kopi Lupakan Dia dengan kandungan Bailey’s, kecapan lidah seperti tidak sedang merasakan pahit-asamnya kopi. Menu ini terasa jauh lebih getir ketimbang es kopi rum, atau minuman kopi single origin tanpa gula. 

Dinamai Kopi Lupakan Dia karena kopi ini akan membuat perut sedikit mual—barangkali itu terinspirasi dari pengalaman pembuatnya saat tengah patah hati ditinggal kekasih lalu menenggak sebotol bir.

Sementara El Capitano punya aroma dan rasa kopi yang masih cukup kuat. Yan Dikara, pemilik kedai kopi Kararopi mengungkapkan, sedikit gula pasir yang disisipkan dalam ramuan El Capitano membuat rasa getir dan efek memabukkan dari jamaican rum tidak menonjol.