Orang-orang Yahudi di Indonesia, antara ada dan tiada

Orang Yahudi di Indonesia beraasimilasi dengan menganut agama resmi pemerintah. Mereka tersebar di Jawa, dan luar Jawa: Manado dan Padang.

Orang-orang Yahudi di Indonesia hidup dalam kelompok-kelompok kecil di berbagai kota. Alinea.id

Jurnalis Monique Riejkers baru menyadari ia punya darah keturunan Yahudi dari neneknya pada 2012. Usai kunjungannya ke Israel untuk ziarah ke Gereja Makam Kudus di Yerusalem, Israel, perempuan keturunan Belanda ini dapat informasi silsilah keluarganya yang berdarah Yahudi.

Neneknya buka mulut, setelah lama informasi keturunan keluarganya ditutup rapat-rapat. Neneknya mengatakan, ayahnya (kakek buyut Monique) merupakan seorang Yahudi.

“Oma sengaja menyimpan informasi itu, karena dibilangin sama saudaranya untuk tidak membicarakan hal ini di Indonesia,” kata Monique saat dihubungi reporter Alinea.id, Kamis (21/3).

Kisah keluarganya itu kemudian memicu minatnya untuk meneliti lebih dalam menyoal akar budaya Bangsa Yahudi. Ia pun penasaran, mengapa gelombang anti-Yahudi di Indonesia sangat terasa, dan apa yang menyebabkannya.

“Saya kemudian mencari tahu soal Israel dan Yahudi, membaca hal-hal yang terkait dengan ini, mengunjungi Museum Holocaust Auschwitz (kamp konsentrasi Auschwitz, tempat pembantaian orang Yahudi oleh Nazi Jerman) di Polandia, dan menemui komunitas Yahudi Indonesia,” katanya.