Pasangan muda, ini kiat mengatur keuangan rumah tangga

Perlu dipahami, salah satu faktor pemicu keributan dalam rumah tangga adalah masalah ekonomi.

Ilustrasi. Pixabay

Ketika beranjak masuk ke fase kehidupan berumah tangga, maka akan sangat berbeda rasanya dengan saat masih sendiri. Perlu dipahami, salah satu faktor pemicu keributan dalam rumah tangga adalah masalah ekonomi.

Perencana Keuangan Rista Zwetika mengatakan, sebelum memutuskan untuk menikah, pasangan muda perlu memiliki keterbukaan keuangan sedari awal. Jangan hanya bermodalkan cinta, kemudian telat untuk membahas keuangan rumah tangganya.

“Sebaiknya dibahas sebelum memutuskan untuk menikah. Ketika kita udah dalam tahap serius akan menikah dengan pasangan kita, coba dibahas tentang keuangan. Artinya, harus ada keterbukaan keuangan dari awal,” katanya dalam siaran virtual, Rabu (15/9).

Faktor ekonomi merupakan pemicu keributan dalam rumah tangga. Karena itu, pasangan perlu memiliki persiapan keuangan, yaitu mandiri secara finansial atau memiliki keterbukaan secara finansial.

Keterbukaan finansial ini perlu diterapkan sejak belum menikah. Karena jika tidak ada keterbukaan keuangan dari awal, maka kedepannya akan sulit membahas tentang keuangan secara terbuka.