Pelacuran di Indonesia dari masa ke masa

Ragam jasa prostitusi yang marak sekarang ini hanyalah modifikasi dari yang sudah ada. Prostitusi artis, online, kopi pangku, hingga gay.

Ragam jasa prostitusi yang marak sekarang ini hanyalah modifikasi dari yang sudah ada. Prostitusi artis, online, kopi pangku, hingga gay. / Istimewa

Jasa prostitusi daring kini ramai diperbincangkan. Kasus prostitusi daring yang menimpa artis FTV berinisial VA disinyalir menjadi penyebab utamanya. 

Akan tetapi, kasus prostitusi yang menjerat artis Tanah Air sesungguhnya bukanlah kali pertama. Sebelum VA, sederet nama artis Tanah Air sudah berulangkali menghebohkan publik.

Jasa prostitusi daring hadir seiring sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Jika ditinjau lebih lanjut, dalam sejarah Indonesia, prostitusi artis termasuk bukanlah kasus baru. 

Titien Sumarni yang kebetulan lahir pada bulan yang sama dengan VA, adalah bintang film yang kondang pada 1950-an yang juga terlibat skandal dengan pejabat dan pengusaha.

Meskipun terjadi perubahan seiring sejalan dengan perkembangan zaman, namun ragam jasa prostusi antara masa lalu dengan masa kini tetap sama saja.