Penjelasan Kemenkes mengenai peruntukan vaksin Moderna dan Pfizer

Hingga kini ada beberap jenis vaksin digunakan di RI, seperti vaksin Merah Putih, vaksin Astrazeneca, vaksin Sinopharm, vaksin Sinovac.

Kedatangan Vaksin Tahap ke-32, Minggu (1/8/2021). Foto: Amiriyandi/InfoPublik/DJIKP/Kemkominfo

Dua vaksin Covid-19 dengan platform mRNA, Pfizer dan Moderna, sudah masuk Indonesia.

Vaksin Moderna masuk ke Indonesia pada Minggu (11/7). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat itu mengatakan, vaksin tersebut diperoleh dari pemerintah Amerika Serikat, melalui jalur multilateral Covax Facility. Sedangkan vaksin Pfizer tiba di Indonesia, Kamis (19/8). 

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia mengatakan, Moderna dapat digunakan untuk beberapa kelompok tertentu saja, yaitu bagi masyarakat umum yang belum pernah divaksin dan juga para tenaga kesehatan. Pemberian vaksin dosis ke-3 untuk para tenaga kesehatan (nakes) ini dilakukan sebagai booster.

Selain nakes pemberian vaksin tersebut juga diperuntukan khususnya untuk masyarakat yang memiliki komorbid, dan kepada ibu hamil, dengan usia kandungan diatas 13 minggu dan memiliki tidak memiliki tanda-tanda hipertensi selama kehamilan. 

Hal itu juga berlaku pada vaksin Pfizer. Hanya saja, penyaluran vaksin ini diprioritaskan ke wilayah Jabodetabek. Lantaran sistem logistiknya lebih kompleks dibanding jenis vaksin lain yang sudah diterima Indonesia. Pasalnya vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan.