Pentingnya deteksi dini kanker paru

Banyak faktor risiko terkena kanker paru. Salah satunya perokok dan perokok pasif.

Ilustrasi kanker paru./Foto oracast/Pixabay.com

Aktris dan model senior Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/12). Keluarga menyatakan, aktris berusia 56 tahun itu wafat karena komplikasi akibat kanker. Pada November 2021, Kiki sempat mengungkapkan, ia divonis kanker paru-paru stadium 4. Komplikasi tadi muncul usai Kiki sebelumnya dinyatakan sembuh dari kanker paru pada April 2022.

Retno Noto Sudjono, 81 tahun, juga pernah divonis terkena kanker paru pada 1991. Noto, sapaan akrabnya, mengatakan gejala awal yang dirasakannya adalah gampang batuk. Namun, karena sedari kecil ia memang mengalami asma, ia berpikir itu batuk akibat asma.

“Lama-kelamaan dokter saya curiga karena saya sering mengeluh batuk. Saya didorong untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga saya dikirim ke Tokyo, Jepang,” ujar Noto kepada Alinea.id, Sabtu (2/12).

Dari pemeriksaan dokter di Tokyo itu, Noto didiagnosis positif terkena kanker paru stadium awal, dengan besar noda dua sentimeter. Ketika dilakukan penelitian, ternyata ditemukan flek baru di paru-paru kiri bagian atas.

“Ternyata saya ada double primary (kanker primer),” kata dia.