Penyanyi lagu "I believe I can fly" divonis 30 tahun penjara

Kemarahan atas pelecehan seksual Kelly dengan wanita muda dan anak-anak sebagian dipicu oleh film dokumenter "Surviving R Kelly."

R Kelly. Foto instagram

Bintang musik R Kelly dijatuhi hukuman 30 tahun penjara dalam kasus perdagangan seks federal AS dan pemerasan di New York, Rabu (29/6).

Tahun lalu, juri memutuskan penyanyi dan produser R&B Kelly, 55, bersalah atas pemerasan dan tuduhan lainnya dalam persidangan yang dipandang sebagai momen kunci dalam gerakan #MeToo.

Kemarahan atas pelecehan seksual Kelly dengan wanita muda dan anak-anak sebagian dipicu oleh film dokumenter "Surviving R Kelly," yang banyak ditonton, yang menyuarakan para penuduh yang bertanya-tanya apakah cerita mereka sebelumnya diabaikan karena mereka adalah wanita kulit hitam.

Hakim Distrik AS Ann Donnelly menjatuhkan hukuman di pengadilan federal di Brooklyn setelah mendengar pernyataan dari tujuh korban.

'Keheningan adalah tempat yang sangat sepi'
Melalui air mata dan kemarahan, para penuduhnya mengatakan kepada pengadilan pada hari Rabu bahwa dia telah memangsa mereka dan menyesatkan para penggemarnya.