sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penyanyi lagu "I believe I can fly" divonis 30 tahun penjara

Kemarahan atas pelecehan seksual Kelly dengan wanita muda dan anak-anak sebagian dipicu oleh film dokumenter "Surviving R Kelly."

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Kamis, 30 Jun 2022 06:30 WIB
Penyanyi lagu

Bintang musik R Kelly dijatuhi hukuman 30 tahun penjara dalam kasus perdagangan seks federal AS dan pemerasan di New York, Rabu (29/6).

Tahun lalu, juri memutuskan penyanyi dan produser R&B Kelly, 55, bersalah atas pemerasan dan tuduhan lainnya dalam persidangan yang dipandang sebagai momen kunci dalam gerakan #MeToo.

Kemarahan atas pelecehan seksual Kelly dengan wanita muda dan anak-anak sebagian dipicu oleh film dokumenter "Surviving R Kelly," yang banyak ditonton, yang menyuarakan para penuduh yang bertanya-tanya apakah cerita mereka sebelumnya diabaikan karena mereka adalah wanita kulit hitam.

Hakim Distrik AS Ann Donnelly menjatuhkan hukuman di pengadilan federal di Brooklyn setelah mendengar pernyataan dari tujuh korban.

'Keheningan adalah tempat yang sangat sepi'
Melalui air mata dan kemarahan, para penuduhnya mengatakan kepada pengadilan pada hari Rabu bahwa dia telah memangsa mereka dan menyesatkan para penggemarnya.

"Kamu membuatku melakukan hal-hal yang mematahkan semangatku. Aku benar-benar berharap aku akan mati karena betapa rendahnya perasaanmu padaku," kata seorang wanita kepada penyanyi itu. Dia mengatakan dia selamanya trauma dengan pengalaman remajanya dengan dia.

"Apakah kamu ingat itu?" dia bertanya.

Wanita lain mengatakan kepercayaannya terhadap  sistem hukum menjadi berubah dari pesimisme menjadi optimisme.

Sponsored

"Saya pernah kehilangan harapan," katanya, berbicara kepada pengadilan dan jaksa, "tetapi Anda memulihkan iman saya."

Wanita itu mengatakan menjadi korban setelah dia pergi ke konser ketika dia berusia 17 tahun.

“Saya takut, naif dan tidak tahu bagaimana menangani situasi ini,” katanya, jadi dia tidak angkat bicara saat itu.

“Keheningan,” katanya, “adalah tempat yang sangat sepi.”

Jaksa menuntut hukuman minimal 25 tahun, sementara pembela mengatakan hukuman 10 tahun atau kurang adalah yang pantas dia dapatkan.

'Masa kecil yang traumatis' versus 'memangsa wanita dan anak-anak'

Pengacara Kelly berargumen dalam dokumen pengadilan bahwa dia harus mendapatkan waktu istirahat karena dia "mengalami masa kecil yang traumatis yang melibatkan pelecehan seksual masa kanak-kanak yang parah dan berkepanjangan, kemiskinan, dan kekerasan."

Mereka menambahkan: "Viktimisasinya berlanjut hingga dewasa di mana, karena kekurangan literasinya, terdakwa telah berulang kali ditipu dan dilecehkan secara finansial, seringkali oleh orang-orang yang dia bayar untuk melindunginya."

Juri memvonis pelantun I Believe I Can Fly ini setelah mendengar tentang bagaimana dia menggunakan rombongan manajer dan ajudannya untuk bertemu gadis-gadis dan membuat mereka patuh - sebuah operasi yang sama dengan perusahaan kriminal, kata jaksa.

Beberapa penuduh bersaksi bahwa Kelly menjadikan mereka perilaku jahat dan sadis ketika mereka masih di bawah umur.

Kelly, lahir sebagai Robert Sylvester Kelly, menggunakan "ketenaran, uang, dan popularitas" untuk secara sistematis "memangsa anak-anak dan wanita muda untuk kepuasan seksualnya sendiri," tulis jaksa dalam pengajuan mereka sendiri awal bulan ini.

Para penuduh menuduh mereka diperintahkan untuk menandatangani formulir kerahasiaan dan menjadi sasaran ancaman dan hukuman seperti pukulan keras jika mereka melanggar apa yang disebut sebagai “aturan Rob”.

Beberapa mengatakan mereka percaya bahwa rekaman video yang dia rekam tentang mereka berhubungan seks akan digunakan untuk melawan mereka jika mereka mengungkap apa yang terjadi.

'Skema Perkawinan Palsu' dengan Aaliyah

Bukti disajikan tentang skema pernikahan curang yang dibuat untuk melindungi Kelly setelah dia khawatir dia telah menghamili Aaliyah yang juga penyanyi R&B pada tahun 1994 ketika dia baru berusia 15 tahun.

Saksi mata mengatakan mereka menikah dengan pakaian joging yang serasi menggunakan lisensi yang mencantumkan usianya sebagai 18 tahun. Dia berusia 27 tahun saat itu.

Aaliyah bekerja dengan Kelly, yang menulis dan memproduseri album debutnya tahun 1994, Age Ain't Nothing But A Number. Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2001 pada usia 22.

Memo pembelaan sebelumnya menyarankan argumen jaksa untuk hukuman yang lebih tinggi dengan mengklaim Kelly berpartisipasi dalam pembayaran suap kepada pejabat pemerintah untuk memfasilitasi pernikahan ilegal.

Kelly telah dipenjara tanpa jaminan sejak 2019. Dia masih menghadapi pornografi anak dan menghalangi tuntutan keadilan di Chicago, di mana persidangan dijadwalkan akan dimulai pada 15 Agustus.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid