Perawat bayi 'pencabut nyawa 7 bayi' akhirnya dipenjara seumur hidup

Letby akhirnya diberhentikan dari tugas pada akhir Juni 2016. Dia ditangkap di rumahnya pada Juli 2018.

Perawat Killer UK Lucy Letby dipenjara selama sisa hidupnya. Foto: Arabnews

Lucy Letby akan menghabiskan sisa hidupnya di dalam penjara. Nasibnya itu telah diputuskan oleh hakim Inggris Senin ini. Kejahatannya memang mengerikan. Ia adalah seorang perawat bayi yang telah membunuh tujuh bayi. Enam bayi lainnya coba ia bunuh namun gagal. 

Hakim James Goss menjatuhkan hukuman paling berat berdasarkan hukum Inggris pada Letby.  Setelah 22 hari musyawarah, juri di Manchester Crown Court menghukum Letby, 33, karena membunuh bayi-bayi itu selama setahun yang membuatnya memangsa kerentanan bayi baru lahir yang sakit dan orang tua mereka yang cemas.

Para korban, termasuk dua anak kembar tiga, tewas di unit neonatal di Countess of Chester Hospital di barat laut Inggris antara Juni 2015 dan Juni 2016.

Letby tidak menghadiri persidangan untuk mendengarkan kemarahan dan kesedihan dari orang tua anak-anak yang nyawanya dia bunuh atau mereka yang dia lukai.

“Saya tidak berpikir kita akan pernah melupakan fakta bahwa putri kami disiksa sampai dia tidak memiliki sisa hidup oleh seseorang yang seharusnya melindunginya dan membantunya,” kata ibu dari seorang bayi yang menjadi korban Letby, dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di pengadilan.