Perjuangan Yahudi kaya raya era Nazi merebut lagi properti keluarga

Perjuangan keluarga Yahudi untuk mengklaim kembali properti mereka akan semakin sulit jika RUU yang sedang dibuat disahkan.

Kamp Auschwitz di Polandia. (Garrett Ziegler/Flickr)

Beberapa tahun yang lalu, Shoshana Greenberg berdiri di luar sebuah gedung di Lodz, Polandia, yang pernah dimiliki oleh keluarganya. Sebuah foto lama di tangannya dan air mata mengalir di wajahnya.

Greenberg, sekarang berusia 74 tahun dan tinggal di Tel Aviv, sedang dalam upaya untuk merebut kembali properti yang hilang selama Holocaust. Ayahnya adalah Yahudi kaya raya di Lodz yang memiliki bangunan industri, rumah tempat tinggal, dan properti liburan.

Ketika Nazi datang, properti itu disita bersama dengan perhiasan keluarga. Mereka dipaksa masuk ke dalam ghetto Lodz. Kemudian, ayah Greenberg dan saudara-saudaranya dikirim ke Auschwitz, dan hanya ayahnya yang selamat. Setelah perang, pemerintah komunis baru di Polandia menasionalisasi properti yang telah disita sementara para penyintas Holocaust yang miskin membangun kembali kehidupan mereka dari nol di tempat lain.

Sejak jatuhnya komunis Eropa pada tahun 1989, sebagian besar negara di bekas blok Soviet telah mengambil langkah-langkah untuk memberikan restitusi dan kompensasi kepada warga Yahudi sebelum perang. Polandia adalah satu-satunya negara besar yang belum menerapkan program seperti itu – dan sekarang hampir membuat upaya mendapatkan kembali harta orang Yahudi saat periode perang, menjadi lebih sulit.

Dalam beberapa minggu mendatang, undang-undang baru diperkirakan akan melewati tahap akhir di parlemen Polandia yang akan menetapkan batas waktu 30 tahun pada tantangan hukum atas properti yang disita, yang pada dasarnya mengurangi ribuan klaim.