Pesta pernikahan yang mahal justru memicu perceraian

Pesta pernikahan yang mewah terkadang dikaitkan dengan komitmen pasangan. Namun, apakah itu menjamin pernikahan langgeng?

Ilustrasi pesta pernikahan./Foto Pexels.com

Pernikahan crazy rich Surabaya Ryan Harris dengan Gwen Ashley, yang berlangsung pada 18 November 2023 di Hotel Westin Surabaya viral di media sosial. Pernikahan ala kerajaan itu mewah dan megah. Diperkirakan menelan biaya hingga Rp90 miliar.

Lebih dari 2.000 tamu undangan hadir. Penampilan para penyanyi ternama Indonesia dan dunia pun disuguhkan. Ada mantan anggota Pussycat Dolls, Nicole Scherzinger, personel Westlife Brian McFadden, personel Boyzlife Keith Duffy, dan boyband Inggris The Wanted. Penyanyi terkenal Indonesia yang memeriahkan acara itu, antara lain Raisa, Lyodra, dan Via Vallen. Tak ketinggalan, duet MC pernikahan Raffi Ahmad dan Melaney Ricardo.

Banyak orang menghabiskan uang untuk sebuah pernikahan mewah. Namun, apakah hal itu menjamin kelanggengan rumah tangga?

Sebuah penelitian bertajuk “A diamond is forever’ and other fairy tales: The relationship between wedding expenses and marriage duration” terbit di Social Science Research Network (September, 2014) menemukan hal yang mengejutkan.

Riset yang dikerjakan Andrew M. Francis dari National University of Singapore dan Hugo M. Mialon dari Emory University menyebut, pasangan yang mengeluarkan uang gila-gilaan untuk pernikahan mereka, cenderung bercerai ketimbang mereka yang mengatur uang secara ketat.